Senin, 10 Januari 2011

Fungsi dan ide mengenai cloud computing dalam proses pembelajaran


Pada dasarnya ‘Cloud Computing’ adalah semacam web server yang di dalamnya terdapat berbagai macam pengguna untuk kepentingan bisnis, untuk social networking, dll. Namun dalam penggunaan sistem Cloud Computing ini masyarakat atau para penggunanya harus memperhatikan beberapa aspek contohnya adalah aspek keamanan. Maka dari itu para pengguna Cloud Computing harus berhati-hati dalam menyimpan data mereka. Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.
Dengan kemajuan zaman yang begitu cepat, manusia sangat membutuhkan teknologi terutama penggunaan komputer dan internet untuk mempercepat, mengakses dunia luar, memperoleh informasi dari mana saja, serta untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Selain itu, dunia medis juga mengalami kemajuan yang sangat pesat pula, maka dari itu diperlukan Cloud Computing sebagai tempat naungan untuk para dokter dan masyarakat lain agar mereka dapat saling bertukar pikiran mengenai penyakit yang baru ditemukan, jenis-jenis obat baru, bahaya/ dampak yang ditimbulkan oleh zat-zat kimia tertentu, serta masyarakat umum dapat juga bercerita atau bertanya kepada dokter yang berada di dalam Cloud Computing tersebut dan dokter itu dapat pula memberi saran pada orang yang bertanya tadi.
Tidak hanya itu manfaat Cloud Computing, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang medis juga dapat menyimpan file-file dalam bentuk gambar ataupun video yang berhubungan dengan medis untuk dapat dipromosikan/ dipasarkan melalui dunia maya dan memberikan kesempatan kepada calon dokter/ mahasiswa kedokteran untuk melihat dan mempelajarinya namun tidak boleh mengcopy/ mendownloadnya karena ada ijin tertentu.
Dengan demikian, manfaat dari penggunaan Cloud Computing sangat banyak dan berdampak positif bagi para penggunanya karena dapat memperpendek jarak, mempersingkat waktu, dan dapat mempertemukan orang-orang dari belahan bumi manapun ke dalam suatu wadah yang biasa disebut sebagai dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar